Post Details

research
  • 12 Sep 2021

5 Cara Bagaimana Melihat Potensi Siswa

Setiap siswa memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda. Ada siswa yang ahli dalam matematika, ada siswa yang ahli dalam biologi dan ada siswa yang ahli dalam seni. Keahlian tersebut tidak sama rata. Musalnya ada siswa yang sangat menguasai bidang kimia tapi dia kurang paham tentang seni ataupun bahasa. Siswa adalah kumpulan manusia yang unik dan memiliki kemampuan berbeda.



Kesalahan pendidikan kita adalah memaksa seorang anak untuk menguasai suatu bidang yang tidak disukainya. Misalnya seorang guru matematika yang memaksa siswanya untuk mengerjakan ratusam soal padahal siswa tersebut lebih menyukai bidang biologi. Seharusnya seorang guru yang baik tidak memaksa siswanya untuk menguasai bidang yang tidak diminatinya. Seorang pendidik sejati harus mampu melihat bidang apa yang disukai siswanya dan mendorong siswanya itu untuk menggeluti bidang tersebut.



Lantas bagaimana caranya seorang guru bisa melihat kemampuan siswa itu? Bagaimana caranya guru tahu minat siswa ke bidang apa? Berikut adalah 5 cara mudah untuk mengetahui siswa anda menyukai bidang apa.



Pertama, wawancara



Cara paling mudah untuk mengetahui seorang siswa menyukai bidang pelajaran apa adalah dengan melakukan wawancara langsung. Jalinlah komunikasi yang baik dengan siswa anda dan tanyalah bidang apa yang paling ia suka. Atau pertanyaan mudahnya adalah pelajaran apa yang paling dia suka. Cara ini cepat dan ampuh. Namun seusai mendapatkan jawabannya, tanya juga alasan siswa anda menyukai pelajaran tersebut. Karena ada siswa yang menyukai suatu pelajaran karena guru yang mengajar pelajaran itu menyenangkan.



Kedua, tes minat dan bakat



Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengetahui minat dan bakat siswa adalah dengan melakukan tes minat dan bakat. Anda dapat menpelajari tes ini atau anda dapat menyuruh ahlinya. Tes ini dilakukan untuk siswa yang tidak tahu bahwa dirinya menyukai bidang apa. Dalam tes tersebut akan diketahui bahwa siswa ini menyukai bidang tertentu.



Ketiga, observasi



Hal ketiga yang dapat anda lakukan untuk mengetahui minat siswa adalah dengan melakukan observasi. Misalnya anda dapat melihat antusiasme seorang siswa saat mengikuti pelajaran tertentu. Contohnya, ada seorang siswa yang malas masuk ke dalam kelas namun saat pelajaran tertentu ia ikut kelas tersebut dan sangat antusias. Maka dapat ditarik kedimpulan bahwa dia menyukai bidang itu. Observasi anda juga bisa melalui hobi siswa atau buku yang sering dibaca.



Keempat, riset



Riset hampir sama seperti observasi. Namun riset melibatkan data dan fakta yang lebih spesifik. Riset dapat dilakukan dengan mengumpulkan semua nilai test dari semua mata pelajaran, tingkat kehadiran kelas, dan nilai tugas praktik. Misalnya ada siswa yang memiliki nilai tinggi pada bidang olahraga kemudia siswa itu juga selalu hadir dalam kelas olahraga. Ditambah lagi ia sering mendapatkan juara dalam pertandingan bidang itu maka dapat diambil kesimpulan bahwa bidang yang disukai adalah olahraga.



Kelima, cita-cita



Menanyakan cita-cita adalah salah satu cara untuk melihat minat siswa. Misalnya ada siswa yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha maka pelajaran ekonomi sangat cocok untuknya. Atau misalnya ada siswa yang ingin menjadi ilmuan maka pelajaran ilmu pengetahuan sangat tepat untuknya. Menanyakan cita-cita dan mengetahui cita-cita siswa adalah salah satu cara untuk mengetahui minat siswa dalam belajar.



Kesimpulan



Itulah 5 cara sederhana untuk mengetahui minat dan bakat siswa di bidang apa saja. Hal ini sangat diperlukan karena proses belajar yang terfokus akan membuat siswa mudah dan senang dalam belajar. Dengan fokus dan menyukai pelajaran itu maka siswa akan lebih semangat dan berprestasi dalam suatu bidang.



Jangan pernah paksa siswa untuk menyukai suatu bidang karena itu akan membunuh kreativitasnya. Biarkan siswa memilih hal apa saja yang akan dipelajari. Biarkan mereka mengukuti hasrat dan kemanuannya. Dengan demikian proses pendidikan akan lebih maju.



Salam,

M. Fajarli Iqbal

Teacher